Iliya Abu Madhi: Penggagas Majalah as-Samir

0
163

Iliya Abu Madhi nama aslinya adalah Iliya Dhahir Abu Madhi lahir di Muhaidatsah, Lebanon tahun 1891. Ia hidup dalam sebuah keluarga yang miskin, sehingga tidak mampu mengenyam pendidikan di desanya. Pendidikan dasarnya ditempuh di sekolah al-Muhaidatsah yang berdiri di samping gereja.

Kelihaian Iliya Abu Madhi dalam menggubah puisi sudah tampak sejak kecil. Ia melakukan perjalanan ke Mesir pada tahun 1902 dengan tujuan bisnis bersama pamannya yang memiliki profesi sebagai pedagang tembakau, karena pada waktu ia terhimpit dengan masalah ekonomi. Di Mesir dirinya bertemu dengan Anton al-Jamil yang dulu mendirikan majalah Az-Zuhur bersama Amin Taqi ad-Din. Anton sangat kagum dengan kepandaian dan kegigihannya. Lalu Anton memintanya untuk menyumbangkan tulisan pada majalah yang didirikan itu. Puisi pertama Abu Madhi dimuat di majalah tersebut dengan tema nasionalisme dan politik.

Pada tahun 1911, Iliya Abu Madhi (dari Mesir) terbang ke Amerika untuk berdagang sekaligus menyempatkan diri melakukan aktifitas sastra. Bersama Jubran Khalil Jubran dan Michael Nu’aimah, ia mendirikan ar-Rabithah al-Qalamiyyah di Amerika Serikat. Abu Madhi termasuk penyair-penyair Mahjar terkemuka setelah Jubran Khalil Jubran dan Michael Nu’aimah. Pada tahun 1929, ia menerbitkan majalah as-Samir yang banyak memuat karya sastranya dan juga karya dari sebagian besar para sastrawan Mahjar, baik berupa puisi maupun prosa. Sehingga majalah tersebut dijadikan referensi utama. Majalah itu terus terbit sampai ia meninggal dunia. Abu Madhi terkenal sebagai penyair yang cukup getol dan aktif dibidang sastra dan jurnalistik. Iliya Abu Madhi meninggal dunia pada tahun 1957.

Karyanya yang berupa antologi puisi terkumpul sebagaimana berikut:

تذكار الماضي

الجداول

الخمائل

تبر وتراب

ديوان إيليا أبو ماضي


Sumber: Leksikon Sastrawan Arab Modern, Biografi dan Karyanya, Achmad Athoillah Fathoni.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.