Sastraarab.com  Menyelenggarakan Pelatihan Pengkajian Sastra Arab

0
113
Sastraarab.com bekerja sama dengan Program Studi Bahasa dan Satra Arab Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga menyelenggarakan Palatihan Pengkajian Sastra Arab yang bertajuk “Talaah Puisi dan Prosa dalam Sastra Arab” di Teatrikal Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga pada Sabtu 10 November 2018.
Penggerak sekaligus admin sastraarab.com Fazabinal Alim menyampaikan bahwa pelatihan ini merupakan langkah bagi mahasiswa untuk memahami lebih jauh khazanah kesusastraan Arab. Selain itu, menurut Faza, kegiatan semacam ini penting terus diselenggarakan untuk mengakrabkan mahasiswa terhadap sastra Arab di luar mata pelajaran yang diajarkan di kampus.
Dzurwatul Muna yang juga sebagai admin sastraarab.com menambahkan bahwa mengkaji sastra  secara ilmiah penting agar pesan-pesan kemanusiaan yang terkandung di dalamnya  dapat diterima. Karena selama ini, tambah Muna, ada kesan bahwa sastra Arab sekadar dinikmati nuansa estetisnya tanpa mengerti lebih dalam mengenai pesan yang ingin disampaikannya.
Acara tersebut menghadirkan dua narasumber, yakni Dosen Bahasa dan Sastra Arab UIN Sunan Kalijaga Yulia Nasrul Latifi, dan Pegiat Kajian Orientalisme Hasan Basri Marwah.
Dalam acara tersebut Hasan Basri Marwah menyampaikan bahwa untuk mengkaji sastra Arab harus  mempertimbangkan teori-teori modern dan akar klasik sastra. “Dalam pengkajian sastra, harus menyeimbangkan antara kajian teoretik moderen dan kajian pencarian akar klasik karya sastra” ujar pegiat Pesantren Saidan itu.
Sedangkan, Yulia Nasrul Latifi menyampaikan bahwa dalam proses pengkajian sastra, selain objek formal dan material yang matang, kecendikiaan seorang peneliti dalam menelaah secara kritis juga sangat penting.
Sebelum acara Palatihan dan Pengkajian Sastra Arab itu ditutup, Faza mengharapkan bahwa acara serupa semoga bisa dilaksanakan di tempat lain dengan tujuan untuk mengampanyekan sastra Arab di bumi Indonesia. (an)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.