Sastraarab.com Kampanyekan Pentingnya Mendalami Sastra Arab di UNS

102
Keluarga Alumni Sastra Arab (KASA) Universitas Sebelas Maret (UNS Solo) menyelenggarakan acara bedah buku karya penyair Suriah Adonis yang berjudul “Panggung dan Cermin”  pada Rabu, 4 Oktober 2018. Acara yang berlangsung  di Fakultas Ilmu Budaya UNS Solo itu menghadirkan Fazabinal Alim sebagai penerjemah dan Hanifah Hikmawati, alumni UNS dan penggerak sastra di Jawa Timur.

Bedah buku ini diselenggarakan atas inisiasi Keluarga Alumni Sastra Arab (KASA) UNS untuk memberikan semangat dan dorongan kepada adik kelas mereka.

Selain menyampaikan materi tentang buku karya Adonis, Fazabinal Alim pada kesempatan itu mengkampanyekan pentingnya memupuk kecintaan terhadap bahasa dan sastra Arab di Indonesia, terutama kepada para mahasiswa sastra arab di UNS.

“Secara kultural, kita bangsa Indonesia dekat dengan Arab. Seperti yang sudah jamak diketahui, literatur-literatur keislaman banyak berasal dan menggunakan bahasa Arab. Atas dasar itu, penting bagi kita untuk paham bahasa Arab, lebih-lebih memahami sastranya.” ujar Fazabinal Alim.

Penerjemah sekaligus admin sastraarab itu juga optimis bahwa perkembangan sastra Arab di Indonesia akan mengalami kemajuan. Oleh kerenanya, imbuh Faza, penting bagi semua pihak, terutama mahasiswa jurusan sastra Arab untuk menggalakkan penerjemahan karya-karya sastra Arab.

Usaha ini juga mendapatkan respon baik dari ketua program studi UNS, Muhammad Farkhan Mujahidin, S. Ag., M.Ag. Ia sendiri berharap agar mahasiswa sastra Arab lebih giat dan gigih dalam mendalami khazanah sastra Arab.

“Dalam rangka mengajak Mahasiswa untuk membumikan sastra Arab harus dilakukan sejak dini, saya mendukung sepenuhnya keberadaan akun Instagram dan website sastraarab.com ini”, tutup Muhammad Farkhan. (an)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.