Si Cantik Berkerudung Hitam

187
Sastra Arab
foto : pinterest.com
Puisi Miskin Ad-Darimi ini cukup sering dibacakan pada beberapa kesempatan, bahkan pernah dinyanyikan oleh salah seorang musisi terkenal, Shabah Fakhri. Di tangan Shabah Fakhri, puisi ini dimodifikasi seapik mungkin untuk menciptakan kesan musikal khas mawal khaliji.
Kita tidak akan membahas panjang lebar tentang popularitas puisi ini, karena ada hal yang lebih menarik dari yang tersembunyi di balik puisi ini.
Miskin Ad-Darimi adalah seorang penyair pada masa Umayyah yang nama aslinya adalah Rabi’ah bin Amir At-Tamimi. Seorang penyair di masa itu mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap masyarakat dan penguasa. Kisah ini diceritakan kembali dari Tsamrah Al-Awraaq karya Ibn Hujjah.
Suatu hari seorang pedagang pakaian mengeluh kepada Ad-Darimi bahwa sudah beberapa waktu dagangannya tak laku keras. Apalagi kerudung-kerudung yang berwarna hitam. Rasanya perempuan zaman sekarang (masa Umayyah) itu menganggap warna hitam itu tidak stylish dan fashionable, tidak cocok dipakai pada pesta-pesta.
Ad-Darimi menanggapi keluhan si pedagang itu dan mempertaruhkan kemampuan berpuisinya dengan membuat bait puisi sebagai strategi marketing si penjual pakaian itu. Beginilah bunyi puisi tersebut:
قل للمليحة بالخمار الأسود
ماذا فعلت بناسك متعبد
قد كان شمر للصلاة إزاره
حتى قعدت له بباب المسجد
ردي عليه صلاته و صيامه
لا تقتلي بحق دين محمد
Katakan pada perempuan berkerudung hitam itu
Apa yang telah kau perbuat pada petapa muda itu
lalu tersingkaplah sarungnya saat solat
kau duduk di pintu masjid
ayolah.. kembalikan shalatnya, puasanya..
jangan kau bunuh dia dengan dalih agama Muhammad
Tak perlu menunggu lama, puisi itu pun viral di kalangan masyarakat. Bapak-bapak pulang kerja membawa oleh-oleh kerudung hitam untuk istrinya. Para istri merajuk merayu suaminya demi dibelikan kerudung hitam viral itu.
Demikianlah kisah perempuan berkerudung hitam ciptaan Miskin Ad Darimi yang viral di kalangan perempuan Umawiyah hingga si pedagang itu kebanjiran order kerudung hitam. Mungkin kalau di Indonesia seperti Syahrini dan Ria Ricis yang jadi trendsetter di kalangan perempuan muda millenial saat ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.